Presentasi dan karir Profesional

Presentasi Membedakan Kualitas Profesional

Presentasi adalah hal yang tidak mungkin dihindari dalam kehidupan
kita saat ini. Apapun profesi Anda, presentasi adalah salah satu aktivitas yang harus dijalani.

Semakin tinggi posisi Anda dalam karir dan profesi Anda, semakin sering dan semakin penting Anda melakukan presentasi.

Presentasi menunjukkan tingkat kualitas dan hasil yang Anda kerjakan. Presentasi sering kali menjadi pembeda kualitas antara satu profesional dengan yang lainnya. Beberapa profesional mungkin memiliki pendapat, advice, rumusan masalah, atau teori yang sama.

Namun, cara mereka mengemas dan menyajikan bahan tersebut mungkin sangat berbeda. Cara pengemasan bahan dan presentasi yang baik akan mendapat hasil baik pula.

Sebaliknya cara mengemas dan presentasi yang salah dapat berakibat buruk dan menjatuhkan kredibilitas presenternya. Hampir semua organisasi mensyaratkan para manajer dan pemimpin seniornya mampu melakukan presentasi.

Pada beberapa tipe industri tuntutan penguasaan melakukan presentasi bahkan dimulai saat mereka masih sebagai staf junior.

Situasi Yang Membutuhkan Presentasi

Mari kita perhatikan daftar beberapa kegiatan berikut:

  1. memberikan penjelasan tentang rencana pemerintah kepada masyarakat;
  2. memaparkan proposal project pada para donatur;
  3. memberikan training tentang prosedur keamanan perusahaan pada pegawai baru;
  4. memberikan ceramah pada kegiatan mahasiswa;
  5. menjelaskan keunggulan produk baru hasil desain tim Anda; dan
  6. melaporkan hasil kerja tim kepada pemberi direksi perusahaan yang memberi tugas

Apakah Anda merasa familiar dengan daftar itu? Mungkin satu atau beberapa aktivitas di atas menjadi bagian tugas Anda.

Semua aktivitas di atas adalah bentuk-bentuk presentasi. Jadi, jelas bukan? Presentasi adalah fakta kehidupan harus kita lakukan dalam setiap aktivitas hidup apapun bidang profesinya.

Apple CEO Steve Jobs smiles as he shows off the new Macbook Air an ultra portable laptop during his keynote speech at the MacWorld Conference & Expo in San Francisco, California, 15 January 2008. AFP Photo/ Tony AVELAR (Photo credit should read TONY AVELAR/AFP/Getty Images)

Rahasia Presentasi Sukses 

Anda pasti sering mengikuti sesi presentasi yang dilakukan seseorang. Baik dia seorang pejabat, pengajar, pembicara, ketua tim, mitra bisnis, ataupun rekan kerja. Dalam berbagai sesi tersebut kita masih bisa ingat dengan jelas mana presentasi yang gagal dan mana presentasi yang berhasil. 

Presentasi yang gagal umumnya tidak memberikan kesan yang baik kepada ingatan kita dan tujuan dari sesi itu tidak tercapai. Sebaliknya, presentasi yang berhasil membekas kuat 

Tentu saja masing-masing pembicara atau presenter memiliki ciri khas. Namun, para pembicara yang sukses umumnya ditandai oleh tiga karakteristik yang sama.

Pertama, presentasi yang sukses ditandai adanya atensi audiens yang terjaga sepanjang sesi. Kedua, adanya interaksi sepanjang sesi baik berupa kontak mata, tanya jawab, dan keterlibatan dalam proses. Ketiga, yang terpenting, tujuan presentasi itu tercapai.

Jadi, apa rahasia dari presentasi yang sukses? Rahasia presentasi yang
sukses adalah mendapat atensi, membangun interaksi, dan mencapai
tujuan.

Persiapan yang Maksimal

Presentasi yang luar biasa membutuhkan persiapan yang luar biasa pula. Dari berbagai pengalaman para pembicara yang saya kenal, ketiga kondisi itu hanya bisa dicapai dengan persiapan maksimal. Persiapan adalah resep rahasia terpenting dari sebuah presentasi.

Beberapa tokoh piawai dalam presentasi yang saya kenal mempersiapkan bahan presentasinya dengan sangat serius. Saya pernah ikut dalam satu tim persiapan bahan selama 1 minggu padahal presentasi yang dilakukan hanya dalam waktu 45 menit.

Upaya persiapan yang intensif tersebut terbayar dengan pencapaian tujuan
dengan sukses. Presentasi yang saya ceritakan itu memang presentasi yang dilakukan untuk urusan kenegaraan. Sesi itu diikuti banyak duta besar dari negara-negara sahabat. Sudah pasti penyiapan data-data, pemilihan kata-kata, foto ilustrasi, dan kutipan-kutipan harus sangat teliti.

Tentu saja tidak semua persiapan harus dilakukan penuh selama satu minggu. Ada juga pembicara yang menyiapkan bahannya beberapa jam sebelum sesi namun tetap mampu memberikan presentasi yang baik.

Anda tentu mengenal Steve Jobs, CEO Apple Corp. Dia dikenal sebagai presenter yang luar biasa. Dunia mengetahui Steve Jobs selalu menyiapkan presentasinya dengan sangat serius. Berbagai sesi presentasinya tercatat sebagai even yang fenomenal.

Proses persiapan untuk menghasilkan bahan presentasi yang baik tergantung dari pengalaman dan keahlian. Semakin banyak pengalaman dan semakin baik keahlian yang dimiliki akan memudahkan untuk menghasilkan presentasi yang baik.

Pada bagian-bagian selanjutnya kita akan membahas bagaimana mempersiapkan presentasi yang baik dengan cara yang mudah dan dalam waktu yang singkat. Praktik adalah sebagai salah satu syarat untuk dapat menguasai berbagai bahan dalam website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *