Mengolah Gambar untuk Presentasi

Kita berada di era yang menyediakan informasi secara melimpah-ruah. Hampir setiap hari pikiran kita dibombardir oleh informasi dari berbagai sumber. Portal berita di internet, majalah, koran, twitter, dan facebook, adalah contoh sumber-sumber informasi kita.

Jadi, bisa dipastikan setiap orang saat ini menerima berita politik, harga saham, harga beras, berita bencana, update status dari teman-temannya, atau sekedar berita gosip. Begitulah gambaran pikiran audiens kita setiap harinya.

Untuk mampu memperoleh perhatian audiens dan mendapat porsi di pikirannya, presentasi Anda harus menarik dan mudah diserap.

Untuk itu, presentasi Anda harus mengoptimalkan komunikasi visual melalui desain yang baik. Seperti disebut Mayer, kita belajar secara visual dan naratif lebih efektif dibanding hanya naratif saja.

Mata adalah indra kita yang paling kuat. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa daya serap otak melalui mata jauh lebih efektif dari indra lainnya. Mayer menyebutkan bahwa penggunaan komunikasi
visual bersamaan dengan komunikasi verbal lebih efektif dibandingkan komunikasi lisan saja.

Tentu saja, desain presentasi yang menggunakan komponen visual juga akan lebih efektif. Itu. Jadi, kita perlu memberi perhatian serius pada bagian-bagian visual dalam presentasi kita.

Dalam presentasi, foto memiliki kekuatan komunikasi yang luar biasa. Satu foto dapat berbicara banyak bila digunakan dengan benar. Menurut John McWade, gambar lebih efektif dibanding diagram atau bullet point. Foto juga memberikan ikatan emosional pada audiens Anda.

Di video ini, kita akan membahas bagaimana mengolah foto atau gambar dengan efektif . Kita akan bahas tentang:

  • Berbagai Jenis Image,
  • Peran Image pada Slide,
  • Apa Saja Setting pada Image,
  • Mengatur Layout Image, dan
  • Mengatur Ukuran File dengan Setting Image.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *