December 15

Mengapa Memulai Dari Mindset

0  comments

Kalau Anda sering membaca atau mengikuti training pengembangan diri, pasti mendengar mengubah mindset. Mengapa dalam program pengembangan diri atau perubahan diri selalu dikaitkan dengan mindset? Bahkan, menjadi langkah pertama.

Paling tidak ada tiga sebab, mengapa perubahan diri dimulai dari mengubah mindset, atau mengubah cara berpikir kita.

Pertama, cara pikir kita menentukan bagaimana perasaan dan apa tindakan kita. Contoh gampang saja misalnya: kita berpikir kalau di balik semak-semak atau di balik rumput yang tinggi pasti ada ular. Mungkin pikiran ini menempel di otak kita karena ucapan orang tua kita saat kita masih kecil.

Maka saat kita melewati tempat yang rumputnya tinggi perasaan kita akan was-was. Dan kalau ada sesuatu yang bergerak maka kita akan jadi berhati-hati, atau bahkan kemudian kita memutuskan tidak akan melewati jalan itu.

Nah, pasti beda kan…kalau kita tidak punya pikiran kalau di balik rumput tinggi pasti ada ularnya. Bisa dipastikan kita enteng saja berjalan di tempat yang rumputnya tinggi.

Kedua, pikiran kita menentukan cara kita melihat dunia. Kita melihat pantai indah kalau kita tidak punya pikiran pantai itu berbahaya. Sebaliknya untuk orang yang punya pikiran pantai tempat yang berbahaya, kita ajak ke pantai indah manapun dia tidak akan menikmatinya. Karena pantai memang menakutkan baginya.

Begitu juga kalau kita punya pikiran kita tidak berbakat bisnis. Maka, kalau ada kesempatan datang kita tidak akan mengambilnya karena merasa tidak berbakat. Bahkan, kita tidak bisa melihat sesuatu itu jadi kesempatan, karena memang sudah merasa tidak berbakat dan tidak akan melakukan bisnis.

Ketiga, pikiran adalah satu hal yang paling bisa kendalikan.
Dari semua yang ada di dunia ini, hanya satu hal yang paling bisa kita kendalikan yaitu: pikiran yang ada di kepala kita.

Dan karena pikiran mengendalikan perasaan kita, mengendalikan tindakan kita, bahkan menentukan cara kita melihat dunia ini, maka seharusnya menciptakan pikiran yang seindah yang bisa kita ciptakan.

Coba misalnya kalau ada orang yang masuk ke dalam rumahmu lalu buat kotor dindingmu atau mencoret-coret dengan cat atau masang gambar yang buruk, apakah akan kita biarkan?

Tentu saja tidak akan kita biarkan! Harus kita cegah, atau kalau sudah terjadi harus kita bersihkan, cat ulang, dan ditata ulang. Itulah yang harus kita lakukan dengan mengubah mindset.


Tags


You may also like

Bagaimana Menghilangkan Rasa Takut Bicara Di Depan Orang Banyak

Mengenali Tipe Visual, Auditory, dan Kinestetik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Get in touch