Find Your Way: Satu Panduan Mencapai Kualitas Pribadi Terbaik

Pengembangan Diri Mencapai Kondisi Maksimal


Anda belum menjadi pribadi terbaik yang mungkin Anda capai. Di mana pun sekarang hidup Anda berada, tidak masalah dari mana Anda sebelumnya, Anda tidak pernah menjadi sepenuhnya yang Anda bisa. Itulah ide utama dari buku Find Your Way, yang ditulis Calry Fiorina.

Hidup bisa bergeser, kita bisa berubah. Situasi berubah. Kita bisa mendapatkan inspirasi baru dari mana saja, sehingga kita bisa terus tumbuh. Dan begitu kita mendapat kesempatan, Anda akan mendapatkan jalan yang sebelumnya tidak pernah Anda ketahui.

Potensi Diri


Setiap manusia punya potensi karunia Tuhan YME, dan potensi itu bisa diwujudkan. Dengan potensi itu Anda bisa menjadi seseorang yang berdampak besar pada lingkungan bahkan pada dunia. Yang kita perlukan adalah membuka belenggu potensi itu.

Potensi manusia adalah satu-satunya sumber daya yang tidak terbatas di dunia ini. Bukan minyak bumi, bukan tenaga surya, bukan ketampanan/kecantikan dan bukan uang.

Sumber daya alam bisa habis, ketampanan/kecantikan bisa pudar, apalagi uang, bisa hilang.

Tapi tidak dengan potensi manusia. Potensi untuk menjadi apa selamanya ada di hadapan Anda. Dan potensi itu terus melambai dan mengajakmu untuk maju ke depan.

Belenggu Pada Diri Kita

Tapi sayangnya pikiran kita terbelenggu. Kita menolak atau tak mampu menjawab ajakan untuk maju ke depan.


Kita mungkin sering mendengar artis, atlet, ilmuwan dan tokoh lain yang mengembangkan bakatnya/karirnya sejak kecil. Mereka beruntung dikelilingi orang dan fasilitas yang membantunya mewujudkan potensi dahsyat mereka.

Tapi kebanyakan orang tidak seperti itu. Bahkan ada orang yang sampai akhir hayatnya tidak pernah tahu apa potensi dalam dirinya.

Itulah kondisi kebanyakan orang. Potensi mereka terbelenggu/terkurung oleh keadaan masing-masing. Ada yang karena kondisi ekonomi keluarga dan masyarakatnya. Ada yang terkurung oleh keadaan politik dan negara.

Ada yang terkurung karena sistem di perusahaannya, ada juga yang terkurung karena rantai yang dia ciptakan sendiri. Yang sering juga dikenal dengan limiting belief.

Hancurkan Belenggu Dirimu

Dan kita tidak bisa mewujudkan potensi itu kalau kita masih terkurung dalam penjara yang gelap dan sendiri.

Kita hadir ke dunia tidak sekedar menjadi penonton. Kita hadir ke bumi untuk memberikan kontribusi kebaikan. Membuat bumi ini menjadi lebih baik.

Kontribusi kita adalah membuat potensi yang telah Allah berikan kepada kita menjadi wujud. Menjadi aksi, menjadi hasil yang berguna untuk sekitar kita.

Bersiap Dengan Ketidaknyamanan

Perjalanan membangkitkan potensi itu, bukanlah suatu perjalanan yang tersusun dalam jadwal yang rapi dan pasti. Justru satu hal yang harus kita sadari bahwa, membangkitkan potensi itu akan dimulai dengan ketidaknyamanan.

Saat Anda merasakan itu, tandanya Anda sedang bergerak. Dan saat Anda memulai perjalanan itu, seringkali Anda tidak akan tahu kemana Anda akan bergerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *