Cara Menghasilkan Uang di Sosmed

Dapat Uang Dari Medsos?

Kamu ingin punya bisnis lewat social media? Instagram, Facebook, atau Youtube? …mungkin kamu pernah kepikiran seperti itu. Tapi masalahnya kamu bukan selebriti, kamu juga gak punya follower yang puluhan ribu.

Kalau itu yang kamu pikirkan dan itu masalah yang kamu hadapi sekarang. Ikuti terus video ini sampai habis, karena di video ini aku akan bahas 5 model bisnis yang bisa kamu lakukan di social media walaupun follower mu masih sedikit.

Dapat uang atau dapat penghasilan dari internet tentu jadi impian banyak orang. Apalagi banyak contoh sukses yang selebriti yang sukses lewat media social.

Keluarga Halilintar, Ria Ricis, di Youtube atau Rachel Venya dan Medina Zein di Instagram tentu sudah gak asing buat kita kan? Selain terkenal mereka juga punya penghasilan yang luar biasa besar.

Nah, terus bagaimana buat orang biasa seperti kita? Apakah bisa bangun bisnis di social media, atau dapat penghasilan lewat social media.

Jawabnya bisa! Ada 5 model bisnis yang bisa kita bangun lewat social media, dan percaya deh berapa pun follower mu selama mereka benar-benar real, bukan bot atau follower yang dibeli.

Lho memangnya kenapa kalau punya follower puluhan ribu yang dibeli atau didapat dari bot? Nah untuk itu akan kita bahas di video berikutnya.

Model 1: Bisnis Jasa Lewat Medsos

Media Sosial Sebagai Album Portofolio

Yaitu bisnis jasa. Bisnis jasa atau services ini bisnis yang gak perlu modal besar, tapi butuh keahlian kamu.

Apakah itu fotografer, ahli keuangan, ahli hukum, konsultan bisnis, konsultan pernikahan, ahli kecantikan, event organizer dan jenis-jenis jasa yang lain, kamu bisa gunakan media sosial. Di media sosial Facebook, Instagram, atau Youtube kamu bisa kumpulkan semu portofolio kamu dan sajikan ke pada publik.

Atau kamu juga bisa posting testimoni para klien kamu. Aku sendiri menggunakan IG dan FB untuk menaruh portofolio pekerjaanku. Dan saat bertemu klien di mana saja aku bisa tunjukkan hasil karyaku itu kepada mereka. Jadi IG itu jadi seperti album promosi saat pertemuan offline.

Dan dari situ akau dapat banyak pekerjaan konsultansi atau kelas training. Mengapa bisa begitu? Karena calon klien kita jadi tahu persis bagaimana hasil pekerjaan kita, tahu kepribadian kita, dan bagaimana hasil pekerjaan kita dengan klien sebelumnya. Keren kan?

Model 2: Menjual Produk Digital Lewat Medsos

Model bisnis yang kedua adalah menjual produk-produk digital. Banyak para pelaku bisnis internet menjual produk digitalnya lewat IG, FB, atau Youtube. Frank Kern, Neil Patel, Sunny Lenarduzy, atau Amy Porterfield, mereka terkenal di dunia internet dan mereka punya produk digital yang dijual, seperti aplikasi, membership website, atau training online. Dan jangan sepelekan produk digital ini, karena nilai bisnisnya bisa sampai jutaan dolar lho.

Model 3: Menjual Produk Fisik/Riil Lewat Medsos

Model bisnis yang ketiga adalah menjual barang fisik yang riil. Bisa buku yang berbentuk fisik. Kalau kamu pernah dengar nama Dewa Eka Prayoga misalnya, dia eksis banget di FB dan IG, dan apa yang dijualnya? Buku..ya banyak sekali buku. Aku juga termasuk yang suka dengan buku-buku Dewa Eka Prayoga.

Selain buku kamu juga bisa jual, fashion, tas, sepatu, alat kosmetik, alat musik, dan lain sebagainya. Hampir semua barang bisa kamu jual lewat media sosial.

Model 4: Menjadi Affiliate/Endorser

Model bisnis yang keempat adalah menjadi endorser atau afiliasi. Kita tidak punya barang, kita hanya mengarahkan audience kita untuk membeli sesuatu dari partner kita. Apakah berupa produk fisik, digital, atau jasa semua bisa jadikan obyek untuk kita tawarkan pada audience kita. Nah kamu akan mendapat fee dari memberi saran untuk produk atau jasa itu.

Saya punya teman yang mulai bisnis ini bahkan dari saat followernya di IG baru seribuan. Dia rajin posting, ikut banyak kegiatan, banyak latihan mengendorse suatu event atau produk, dan akhirnya dia jadi tekenal juga.

Sebelum kita ke model bisnis yang terakhir, kira-kira ada yang cocok nggak dengan visi bisnismu? Kasih komen di bawah ini ya. Model bisnis yang mana yang akan kamu kembangkan lewat social media kamu.

Model 5: Menjalankan Network Marketing/MLM Lewat Sosmed

Model bisnis yang kelima adalah menjadikan akun sosial media kamu untuk menjalankan bisnis networkmarketing atau MLM. Apakah itu Oriflame, Amway, Herbalife, Nu Skin dan lainnya. Social media bisa banget kamu gunakan untuk menawarkan produk atau merekrut member baru. Dengan menampilkan gaya hidup yang asik dan hasil dari produk MLM kamu, sosial media efektif banget.

Untuk model bisnis yang kelima ini aku bisa kamsih contoh dan beri rekomendasi Komunitas yg membangun bisnis lewat networkmarketing. Coba kunjungi website mereka dari link kerja-dirumah.com, aku cantumkan juga di kolom deskripsi di bawah ini ya. Nah, itu tadi contoh lima model bisnis yang bisa kamu lakukan lewat sosial media, walaupun follower mu masih terbatas. Kalau kamu suka video ini silahkan kasih like, dan janga lupa subscribe, dan kalau kamu gak mau ketinggalan video-video berikutnya tekan tombol lonceng di sini ya.

Untuk model bisnis yang kelima ini aku bisa kamsih contoh dan beri rekomendasi Komunitas yg membangun bisnis lewat networkmarketing. Coba kunjungi website mereka dari link kerja-dirumah.com, aku cantumkan juga di kolom deskripsi di bawah ini ya. Nah, itu tadi contoh lima model bisnis yang bisa kamu lakukan lewat sosial media, walaupun follower mu masih terbatas.

Kalau kamu suka video ini silahkan kasih like, dan janga lupa subscribe, dan kalau kamu gak mau ketinggalan video-video berikutnya tekan tombol lonceng di sini ya.